5 Manfaat Istimewa Dari Jamur Merang

- Sekarang ini pembudidayaan jamur merang di tanah air sudah semakin berkembang. Sehingga, Anda pun tidak akan kesulitan lagi untuk mendapat jenis flora jamur yang satu ini. Jamur merang mempunyai nama ilmiah Volvariella volvacea, jamur ini termasuk kedalam jenis jamur pangan yang banyak dijumpai dan dibudidayakan di tempat Asia Timur dan Asia Tenggara.

Jamur merang tumbuh subur dan berkembang sangat baik di iklim tropis dan subtropis. Sehingga hal inilah yang menjadi salah satu faktor bahwa jamur merang sangat baik untuk dibudidayakan di Indonesia. Seperti yang Anda tahu, kini ini ada berbagai jenis jamur yang dapat dikonsumsi. Seperti, jamur tiram, jamur kuping, jamur shitake, dan beberapa jenis jamur lainnya.
 Sekarang ini pembudidayaan jamur merang di tanah air sudah semakin berkembang 5 Manfaat spesial Dari Jamur Merang
Ilustrasi jamur merang via realfoods.co.uk
Meskipun ada banyak jenis jamur yang dapat dikonsumsi, akan tetapi jamur meranglah yang pada umumnya disukai oleh banyak orang. Selain mempunyai rasa yang begitu lezat, harga dari jamur merang juga cukup terjangkau untuk semua kalangan masyarakat Indonesia.

Seperti kuliner sehat lainnya, jamur merang juga mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dari 100 gram jamur merang mempunyai kandungan 0.59% karbohidrat, 5.94% protein, 0.17% lemak, 1.56% serat, 1.14% abu, 17mg fosfor, 1.9mg zat besi, 15mg vitamin B1, 0.75mg vitamin B2, 12.40mg vitamin C, dan beberapa mineral embel-embel menyerupai asam folat, kalium, dan tembaga.



Berikut ini merupakan 5 manfaat istimewa jamur merang yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah penyakit jantung
Salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung ialah naiknya kadar kolesterol dalam darah. Jamur merang mempunyai tugas yang cukup penting dalam melawan lemak jahat. Oleh sebab itu, mengonsumsi jamur merang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jamur merang mempunyai kandungan mineral kalium yang sangat berkhasiat untuk menjaga fungsi pembuluh darah dalam tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi jamur secara teratur dapat menjaga jantung tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Manfaat jamur merang berikutnya ialah untuk membantu mencegah pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Jamur merang mempunyai kandungan beta-glukan dan asam linoleat terkonjugasi yang mempunyai dampak karsinogenik. Kandungan beta-glukan yang ada pada jamur merang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

3. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes
Seorang penderita diabetes sangatlah perlu memerhatikan kuliner yang akan dikonsumsinya. Karena jikalau hingga salah memilih, maka dikhawatirkan penyakit yang dideritanya akan semakin parah. Salah satu kuliner yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes ialah jamur merang. Mengapa begitu? Jamur merang mengandung insulin alami yang baik untuk penderita diabetes. Dengan demikian, jamur merang bermanfaat untuk fungsi hati, pankreas, kelenjar endocrinal, dan meningkatkan pembentukkan insulin dengan jumlah yang tepat. Baca juga makanan sehat untuk penderita diabetes

4. Membantu mengatasi radikal bebas
Tahukah Anda, jamur merang juga bagus lho untuk mengatasi radikal bebas. Hal ini dikarenakan jamur merang mempunyai kandungan selenium yang berfungsi hampir sama dengan flavonoid. Yaitu, membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh.

5. Meningkatkan kepadatan tulang
Jamur merang mengandung kalsium yang cukup tinggi. Disamping itu, jamur merang juga mengandung vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang.

Ternyata tidak mengecewakan banyak juga ya manfaat jamur merang bagi kesehatan. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan jamur merang kedalam hidangan kuliner Anda ya…

0 Response to "5 Manfaat Istimewa Dari Jamur Merang"

Post a Comment