5 Tips Gampang Semoga Anak Lebih Menyukai Buku Dibanding Gadget

- Sekarang ini gadget telah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi sebagian besar penduduk diseluruh dunia. Semakin canggihnya gadget yang lalu ditambah dengan fasilitas kanal internet menciptakan kebanyakan orang sulit untuk terlepas darinya. Buku yang dulunya menjadi favorit banyak orang pun kini ini telah tergeser oleh perangkat canggih tersebut. Sehingga jangan heran kalau akhir-akhir ini belum dewasa lebih suka main gadget dibandingkan baca buku.

Sebagai orang tua, tentunya kita tidak ingin hal tersebut dialami oleh belum dewasa kita. Karena walau bagaimanapun juga, membiasakan belum dewasa membaca buku merupakan salah satu hal yang akan menunjukkan banyak manfaat pada dirinya. Supaya belum dewasa lebih suka membaca buku, lima tips berikut ini perlu Anda coba.
 Sekarang ini gadget telah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi sebagian besar penduduk dise 5 Tips Praktis Supaya Anak Lebih Menyukai Buku Dibanding Gadget
Temani anak baca buku via telegraph.co.uk
1. Biasakan membaca buku di rumah
Untuk memulai kebiasaan baik tentu saja harus dimulai dari lingkungan yang paling bersahabat dengan anak-anak. Lingkungan terdekat bagi belum dewasa tidak lain ialah keluarga. Dengan mengajak anak semoga terbiasa membaca buku di rumah, hal itu setidaknya akan membuatnya sadar perihal betapa pentingnya membaca buku.

2. Biarkan belum dewasa membaca buku yang sama berulang-ulang
Ketika belum dewasa mulai menyukai suatu bacaan, ia mungkin akan terus membaca buku tersebut secara berulang-ulang. Ketika hal ini terjadi, usahakan kita sebagai orang bau tanah turut menemaninya. Sembari menemani jangan lupa untuk mengenalkan buku bacaan gres kepadanya. Hal ini penting dilakukan semoga nantinya saat anak mulai bosan dengan buku bacaannya, ia akan tertarik dengan buku bacaan gres yang sebelumnya telah kita kenalkan padanya.

3. Bacakan buku kisah yang ingin Anda baca
Poin yang ke-3 ini tidak ada salahnya untuk Anda coba. Ketika sang anak mulai tertarik dengan buku yang Anda baca, ajaklah ia bergabung dan cobalah untuk menjelaskan kalimat-kalimat yang belum difahaminya dengan klarifikasi yang sesederhana mungkin.

4. Buat aktivitas yang ada hubungannya dengan kisah di buku
Supaya aktivitas membaca menjadi lebih menyenangkan, sesekali buatlah suatu aktivitas yang ada hubungannya dengan kisah tersebut. Misalnya, Anda menanyakan kepada anak Anda perihal pelajaran apa yang dapat kita ambil dari kisah tersebut. Dengan cara ibarat ini, aktivitas membaca akan terasa lebih hidup dan pastinya akan menunjukkan pelajaran yang sangat berharga bagi kehidupan anak Anda.

5. Hubungkan kisah di buku dengan kehidupan nyata
Kita tahu bahwa entah itu fabel, kisah dongeng, atau kisah anak lainnya, hal itu tidaklah ada dalam dunia nyata. Meskipun begitu, tetap saja ada beberapa pelajaran yang dapat diambil untuk membantu pembentukkan huruf sang anak. Ketika menunjukkan suatu pelajaran kepada anak-anak, biasanya belum dewasa akan lebih cepat mengerti kalau Anda menghubungkannya dengan kisah yang pernah ia dengar, baca, atau lihat sebelumnya.

Baca juga:  10 Manfaat Dari Membaca Buku

Umumnya belum dewasa akan menjiplak kebiasaan orang-orang yang ada disekitarnya. Jika anak Anda ingin gemar membaca buku, cobalah untuk memulainya dari diri Anda sendiri.

0 Response to "5 Tips Gampang Semoga Anak Lebih Menyukai Buku Dibanding Gadget"

Post a Comment