7 Cara Jitu Mengatasi Insomnia

- Insomnia merupakan gangguan tidur yang menciptakan seseorang merasa kesulitan untuk sanggup tidur sesuai dengan yang diinginkannya. Bukan hanya sebelum tidur, bahkan setelah bangkit tidur pun biasanya akan diikuti pula oleh banyak sekali gangguan fungsional tubuh.

Ada banyak hal yang sanggup menyebabkan insomnia, beberapa diantaranya ialah stres, mengonsumsi obat-obatan, ruangan yang kurang nyaman, sakit pada penggalan badan tertentu, dan lain sebagainya.

Meskipun insomnia sanggup terjadi kepada laki-laki dan wanita. Akan tetapi, perempuan cenderung lebih banyak mempunyai problem gangguan tidur bila dibandingkan pria. Namun, Anda masih sanggup kok untuk untuk mengatasi gangguan problem tidur menyerupai ini. Berikut ialah 7 cara mengatasi insomnia yang sanggup Anda coba.
 Insomnia merupakan gangguan tidur yang menciptakan seseorang merasa kesulitan untuk sanggup tidu 7 Cara Jitu Mengatasi Insomnia
Ilustrasi insomnia via webmd.com
1. Berjemur di pagi hari
Ketika bangkit pagi, usahakan luangkan waktu sejenak untuk berjemur di pagi hari. Sinar matahari yang meresap kedalam badan akan mengatur munculnya homon tidur, yakni melatonin yang akan menciptakan Anda sanggup tidur di malam hari.

Lakukan langkah pertama ini secara rutin. Anda sanggup melakukannya dengan cara jalan-jalan di pagi hari atau jogging dibawah sinar matahari pagi. Yang penting badan Anda harus mencicipi hangatnya sinar matahari pagi.



2. Membaca buku
Satu jam sebelum tidur, pastikan bahwa Anda sudah tidak memainkan gadget menyerupai ponsel, tab, komputer, atau TV. Hal ini dikarenakan gadget sanggup mengganggu dan menekan hormon tidur. Selain itu, gadget juga sanggup mengganggu kelelapan tidur Anda. Lebih baik, bacalah beberapa halaman buku sebab hal itu sanggup menciptakan Anda lebih cepat tertidur.

3. Lakukan yoga
Terdapat sebuah studi yang memperlihatkan bahwa melatih pernapasan atau meditasi dari yoga sanggup memperlihatkan kualitas tidur yang jauh lebih baik. Sebenarnya bukan hanya yoga saja lho, apapun jenis olahraga yang dilakukan juga sanggup menciptakan tidur Anda menjadi lebih berkualitas. Asal, olahraga tersebut dilakukan secara rutin dengan porsi yang tepat. Anda sanggup mencobanya dengan berjalan kaki selama 30 menit 5 hari per minggu.

4. Camilan sebelum tidur
Jika Anda suka ngemil sebelum tidur, alangkah lebih baik jikalau masakan ringan tersebut merupakan kombinasi terbaik antara karbohidrat dan protein. Satu jam sebelum Anda pergi tidur, cobalah mengonsumsi masakan ringan rendah gula menyerupai hal nya sereal gandum utuh dengan susu.

5. Kebersihan daerah tidur
Walau bagaimanapun, kebersihan daerah tidur Anda juga mesti diperhatikan. Semakin Anda nyaman dengan daerah tidur Anda, maka akan semakin gampang pula Anda untuk tertidur. Oleh sebab itu, basuh dan ganti sprei minimal seminggu sekali.

6. Melatonin
Mengonsumsi pelengkap menyerupai melatonin juga sanggup membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Meskipun belum diketahui secara niscaya berapa takaran yang sempurna untuk dikonsumsi, namun Anda sanggup mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter.

Baca juga: Inilah Alasan Orang Tidak Bisa Tidur Ketika Jatuh Cinta

7. Obat tidur
Biasanya dokter memperlihatkan resep obat tidur menyerupai ambeien, sonata, dan lunesta. Namun, ini juga tidak baik jikalau Anda menentukan cara yang satu ini untuk jangka waktu yang lama.

0 Response to "7 Cara Jitu Mengatasi Insomnia"

Post a Comment